KONTRUKSI SEO UNTUK WEB & ARTIKEL

BUSSINESS PRACTICE 3 / TECNOLOGY IN PRACTICE 3

KONTRUKSI SEO UNTUK WEB & ARTIKEL


Penulis :
AFRIAN DANDI KURNIAWAN LUMIU
16201177
TEKNIK INFORMATIKA
Jalan Soekarno-Hatta Rembuksari 1A, Malang, Jawa Timur Indonesia
Telp. (0341) 478877, Fax. (0341) 434 5225

Materi ini saya rangkum dari pemateri lulusan dari kampus STIE -STIMIK ASIA MALANG yaitu: Budi Fajar Suprianto atau yang di kenal akrab Dedi Fajar ini adalah seorang pembawa materi dan motivator sukses di bidangnya yaitu TEKNIK INFORMATIKA, yang membawakan materi tentang bagaiamana menggunakan SEO untuk sebuah web dan saat di jurusan TEKNIK INFORMATIKA tidak harus programming melainkan ada hal lain yang bias dilakukan untuk berbisnis dan bersama dengan rekan-rekannya. 




 SEO adalah Search Engine Optimization yakni salah satu metode untuk mempopulerkan web dan artikel pribadi atau suatu kegiatan yang di lakukan untuk mengoptimalkan website pribadi di search engine di dunia. SEO memliki tujuan untuk meningkatkan volume/jumlah/kepadatan dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau logaritma mesin tersebut dan menempatkan sebuah situs web atau artikel pribadi pada posisi teratas atau setidaknya di halaman pertama hasil pencarian hasil dari kata kunci tertentu yang di targetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas memliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung lebih banyak.
a. PILAR-PILAR SEO
1. Kontruksi Web (HTML & CSS)
Kontruksi adalah merupakan suatu kegiatan membangun sarana maupun sarana dan prasaranaa. Dalam sebuah bidang arsitektur atau teknik sipil,sebuah kontruksi juga dikenak sebagai bangunan atau satuan infrastrukturpada sebuah area atau pada beberapa area. Sedangkan web adalah sekumpulan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa di akses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet tanpa ruang dan waktu.jadi kontruksi web adalah sebuah infrastruktur yang telah di bangun atau di susun di dalam suatu website, ntah itu program ntah itu desain ntah itu pengaturan-pengaturan yang di pasang.
2. META DATA / META TAG
Merupakan unsur atau bagian dari struktur dari kode HTML yang berfungsi untuk merekam atau mendokumentasikan setiap halaman website atau situs yang telah di publikasikan melalui aspek tertentu dari setiap halaman.
3. KATA KUNCI
Merupakan salah satu unsur untuk website pribadi menjadi yang teratas, maksudnya adalah saat user mencari kata kunci ayang berhubungan dengan website pribadi, maka website tersebut muncul paling atas sendiri atau minimal di halaman pertama dari user menulis kata kunci di search engine.
4. Optimasi (web Master, Add Url, BackLink)
Optimasi adalah suatu proses untuk mencapai hasil yang ideal atau sesuai yang diinginkan. Disini optimasi dalam SEO sebagai pembantu untuk mengOPTIMALKAN website pribadi.
- WebMaster
Webmaster bertanggung jawab untuk merencanakan, merancang, mengelola dan memelihara situs agar tetap berjalan dengan baik.
- Add URL
Maksudnya adalah mengenalkan website pribadi pada search engine dengan cara menuliskan URL atau yang sering dikenal oleh public disebut link di search engine atau mendaftarkan website pada search engine dan search engine otomatis mendekteksi website pribadi. Note: cara ini dianjurkan sehari sekali saja jika sering maka search engine hanya mengenali website pribadi itu hanya sekali.
- BackLink
Link yang masuk ke sebuah situs web atau halaman web. Dalam terminology dasar link, backlink adalah link apapun yang di terima oleh node web dari node lain.
b. Manfaat menggunakan metode SEO
1. Menjadikan website menajdi 1 di search engine
2. Menguatkan asset digital
3. Memasarkan website pribadi
4. Terkenalnya website pribadi

c. Proses SEO


- Website Analysis
Dengan metode SEO yang sudah diterapkan, website yang telah di buat akan menajdi lebih mudah Aatau pemasaran lebih mudah.
- Client Requierment
Mendengarkan permintan klien yang menajdi consume kita, dan kemauan konsumen itu yang utama.
- Keyword Reasearch
Terganung konsumen saat memesan dan memasarkan.
- Content Writing
Konten itu sudah bisa disebut foto, video, artikel yang di tulis


d. Syarat untuk menulis sebuah Artikel pribadi
Tulisan minimal 300 kata boleh lebih tak boleh kurang.
Terdapat foto atau image minimal 1 yang di sisipkan.
Terdapat link pastinya yang jelas, tetapi link ini pun otomatis ada di setiap website.
Website optimization.
SEO submission.
Link building.
Reporting.
- Laporan berguna untuk diri sendiri disaat nanti kita sebagai pembuat websiteprefesiona sebagai track record dan juga bukti progress kita selama kita menjadi penulis artikel
- Laporan juga berguna sebagai tanda bukti apabila konsumen mempertanyakan kinerja kita hasilnya seperti apa selama kita sebagai penulis artikel.

e. Faktor-faktor pendukung SEO
o Sosial Media
- Dengan cara menyisipkan link website ke setiap caption kita di social media’
o BackLink
- Link yang masuk ke sebuah situs web atau halaman web. Dalam terminology dasar link, backlink adalah link apapun yang di terima oleh node web dari node lain.
o Optimasi
- Dengan cara menuliskan URL ke search engine.


Terima kasih kepada pembaca atas waktunya membaca artikel ini, bila ada kata yang tak enak di hati yang sengaja maupun tak sengaja maafkanlah, semogha artikel ini bermanfaat bagi kehidupan, jangan lupa like n share.

Komentar