Dasar – Dasar Search Engine Optimization (SEO) & Search Engine Marketing (SEM)


PENULIS :
AFRIAN DANDI KURNIAWAN LUMIU
16201177
Teknik informatika

Jalan Soekarno-Hatta – Rembuksari no.1 A, Kota Malang, Jawa Timur 65113
Telp: (0341) 478877
Fax : (0341) 434 5225




1.      Pengenalan Mengenai Mesin Pencari.

1.1.              Dasar-dasar mengenai mesin pencari dan pentingnya untuk bisnis Anda.

A.    Sejarah Mesin Pencari
Dalam perkembangannya, mesin pencari telah menggunakan program komputer  yang sangat canggih untuk menampilkan pencarian pada halaman web.

(atas 1990, bawah sekarang)

B.     Fungsi Mesin Pencari.
Mesin pencari penting untuk mendapatkan pengunjung  potensial yang akan menjadi calon customer Anda.

C.     Mesin Pencari dan Iklan Digital di Indonesia.
Mesin pencari menjadi strategi yang tepat untuk iklan digital bisnis Anda. Biaya yang dikeluarkan untuk iklan di mesin pencari yaitu 44% dari total biaya yang dihabiskan untuk iklan digital di Indonesia.

1.2.           Cara kerja mesin pencari
o   Crawling (Penelusuran)
Search engine menjelajahi trilliunan halaman dan dokumen yang ada pada world wide web dengan bantuan sebuah program yang dinamakan bots (robot) , spider  atau crawler.

o   Indexing (Pengindeksan)
Mesin pencari menggunakan indeks sebagai sumber informasi yang ditampilkan pada laman hasil penelusuran.

o   Ranking (Peringkat)
Mesin pencari memberi nilai pada tiap data sesuai rumusnya masing-masing untuk menentukan dokumen yang relevan dengan yang dicari oleh pengguna.

1.3.            Cara-cara rumah bisnis Anda muncul dalam hasil mesin pencari.
               Mesin mencari hanya memahami apa yang ada di halaman web melalui kode HTML, yakni:
o   Judul Halaman.
Gunakan sistem manajemen konten untuk mendapatkan judul yang tepat agar dapat membantu mesin pencari melakukan indeks yang tepat  sehingga dapat muncul di hasil pencarian.


o   Teks Halaman.
Pikirkan tentang siapa yang ingin mengunjungi halaman Anda, dan apa kata-kata yang mereka gunakan untuk menggambarkan produk dan jasa Anda.

o   Gambar Halaman
Berikan  nama deskriptif untuk menggambarkan apa yang di dalam gambar untuk membantu mesin pencari memahami tentang suatu halaman.

2.   Dasar-dasar Mengenai SEO.

2.1.           Kata-kata di halaman web atau kata kunci pada kode halaman.

Search Engine Optimization (SEO) adalah suatu proses untuk mempengaruhi tingkat visibilitas sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian organik dari mesin pencari. SEO bekerja dengan cara mengumpulkan informasi sebanyak mungkin di dalam website
o   Apa yang orang atau situs lain katakan mengenai situs Anda
o   Kata-kata di halaman web atau kata kunci pada kode halaman
Jadi, SEO bekerja dengan memilah dan menelaah informasi untuk user yang di tuntun untuk mengunjungi situs anda.

2.2.         Cara pengoptimalan SEO untuk bisnis Anda.

Langkah membangun perencanaan SEO untuk membuat situs anda menarik di mesin pencari.
o   Riset kata Kunci
Temukan kata-kata apa yang pelanggan potensial cari terkait dengan bisnis Anda dengan Google Keyword Planner
ü Menelusuri ide kata kunci
ü Memperoleh statistik historis dan perkiraan traffic
ü Peran Kata Kunci dalam Kesuksesan SEO.
Hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih kata kunci :
v Frekuensi
v Kompetisi
v Relevansi
o   Pertimbangkan Topik Terkait
ü Membantu membuat kata kunci yang lebih spesifik dan lebih cocok pada apa yang pelanggan Anda cari.

o   Refresh Sesuai perubahan yang terjadi yang terjadi di website
ü Update website Anda dengan konten yang berkualitas, original dan relevan.
o   4 Tips Cepat Tentang Cara untuk Tetap Up-To-Date pada Proses Pencarian:
ü Pelajari bagaimana mesin pencari bekerja
ü Mengawasi dan memantau perubahan yang mempengaruhi website Anda
ü Cari inspirasi dari situs-situs lain
ü Bicaralah dengan pelanggan Anda


2.3.         Analisa performa SEO untuk bisnis Anda.
o   Tetapkan tujuan SEO
o   Ukur kemajuan / performa dari tiap tahapan SEO
o   Hal-hal yang mempengaruhi keberhasilan SEO anda: Konversi
-        Melacak jumlah pengunjung dan tindakan dari pengunjung yang datang ke website Anda.

ü Engagement
-        Melacak konten apa yang pengunjung Anda baca dan berinteraksi.

ü Akuisisi
-        Melacak jumlah berapa kali bisnis Anda muncul di hasil pencarian dan seberapa sering orang mengklik situs Anda.
-         
o   Bagaimana Anda Melacak Performa dari Tujuan SEO Anda?
ü Gunakan Analytics Tools dan Webmaster Tools
Fungsi: Mengumpulkan laporan dan layanan untuk melacak dan memonitor visibilitas situs Anda dalam pencarian
3.   Dasar-Dasar Mengenai SEM.
3.1.            Kegunaan SEM untuk pemasaran Bisnis Anda.
o   SEM bekerja dengan sistem lelang berdasarkan :
ü Penawaran yang kompetitif
Lakukan pengawasan terhadap penawaran Anda secara teratur untuk memastikan Anda mendapatkan performa  yang Anda inginkan.
ü Relevansi yang kuat
Menunjukkan seberapa “dekat” iklan Anda berkaitan dengan apa yang dicari pengunjung.
3.2.         Bagaimana membuat kata kunci yang baik dalam SEM?
o   Memiliki relevansi yang tinggi dengan produk/jasa Anda
o   Gunakan tools riset kata kunci untuk meningkatkan traffic
o   Memilih kata kunci dengan tingkat persaingan yang rendah.
3.3.          Mengapa iklan di mesin pencari sangat efektif ?
o   Relevan dengan kata kunci yang diinginkan
o   Bentuk iklan yang menarik
o   Bentuk iklan yang mirip dengan hasil pencarian organik
3.4.         Bagaimana pengiklan bersaing untuk dapat menampilkan Iklan di halaman hasil pencarian?
o   Penawaran
ü Jumlah maksimum pengiklan bersedia membayar untuk  setiap klik pada iklan
o   Kualitas
ü Memiliki relevansi yang kuat dengan kata kunci dalam pencarian.


3.5.          Bagaimana membuat iklan yang menarik?
o   Relevansi
ü Buat kata atau kalimat yang relevan dengan yang pelanggan cari
o   Ajakan untuk bertindak
ü Beritahu pelanggan apa yang harus mereka lakukan ketika mengunjungi situs web Anda.

Materi ini di bawakan oleh pemateri dari lulusan PERGURUAN TINGGI ASIA STMIK-STIE MALANG yang sudah mahir dalam bidangnya untuk membimbing generasi selanjutnya untuk membagi pengehtahuan kepada mahasiswa-mahasiwa di PERGURUAN TINGGI ASIA STMIK-STIE MALANG.


ASRUL TSANI, S.PT, S.KOM

Komentar